Serial Drama : Descendants of the Sun

Hello... 

Setelah lama tidak memperbarui blog, akhirnya saya punya kesempatan untuk menulis lagi. Kali ini saya mau kembali membahas soal serial drama dan serial drama yang satu ini berasal dari negeri ginseng Korea Selatan.

Meski jarang membahas drama korea, bukan berarti saya tidak suka serial drama dari negeri ini. Bisa dikatakan saya salah satu pecinta drama korea,ya walau tidak masuk kategori kecanduan karena saya masih pilah pilih cerita dan tidak semua drama korea saya tonton.

Dibanding dengan drama seri asia lain, menurut saya drama korea punya kelebihan tersendiri seperti ceritanya yang ringkas dan tidak bertele-tele, setting yang matang dan berbagai hal lain. Dan pasti semua juga setuju kalau drama korea jagonya dalam hal cerita cinta. Saya sendiri kadang sampai baper setelah selesai nonton hehehe.

Drama korea yang akan saya bahas adalah,

DESCENDANTS OF THE SUN




DESCENDANTS OF THE SUN (hangul : 태양의 후예RRTaeyangui Huye) merupakan serial drama korea yang disiarkan oleh KBS TV di maret tahun 2016. Ditayangkan setiap hari rabu dan kamis pukul 21:50 (Seoul, UTC+9).

Plot

Cerita diawali oleh Yoo Si Jin ( diperankan oleh Song Jong Ki), seorang kapten tim alpha pasukan khusus tentara Korea Selatan yang tengah libur dari tugas. Siang itu Yoo Si Jin dan rekannya Sersan Suh Daeyeong (diperankan oleh Jin Goo ) yang tengah bermain tembak sasaran di game center, memergoki seorang anak muda mencuri dan menghentikannya.

Anak muda tersebut itu terluka karena jatuh dari motor, kemudian dilarikan ke rumah sakit dan ditangani oleh Dr Kang Moyeon , (diperankan oleh Song Hye Kyo) seorang dokter pulmonologist dan ahli bedah. Selang beberapa jam setelah kejadian tsb. sersan Seo baru sadar bahwa ponselnya dicuri oleh anak tersebut dan mereka berdua memutuskan untuk mencarinya.

Tanpa sengaja, ponsel tsb disimpan oleh Dr Kang. Ketika Kapten Yoo Si Jin mencoba menghubungi ponsel tersebut dengan ponselnya dan nama yang muncul adalah Big Boss yang merupakan nama sandi Kapten Yoo Si Jin saat bertugas. Dr Kang beranggapan bahwa anak muda itu tengah dikejar - kejar gangster dengan pimpinannya yang disebut Big Boss.

Sehingga ketika Yoo Si Jin bertemu Dr Kang untuk pertama kali, ia sangat antipati padanya dan menolak untuk mengembalikan ponsel tersebut. Di lain sisi, akibat hilangnya ponsel tersebut, Yoon Myeongju (diperankan oleh Kim Ji Won), mantan pacar Suh Daeyeong juga jadi salah paham dan mengira bahwa Suh Daeyeong lah yang mengalami kecelakaan.

Sesudahnya, pasien tersebut melarikan diri lalu dikepung oleh gangster sungguhan dan dihajar habis-habisan. Ia ditolong oleh kapten Yoo Si Jin dan Suh Daeyeong lalu berhasil kembali ke rumah sakit. Namun hal tersebut tak lantas membuat Dr. Kang percaya bahwa Yoo Si Jin seorang tentara dan bukan orang jahat. Apalagi setelah Yoon Myeongju mengatakan bahwa mereka adalah prajurit yang melarikan diri.

Dr Kang baru percaya setelah melihat rekaman CCTV saat mereka bertarung melawan gangster. Ia pun mulai menaruh respect kepada Yoo Si Jin dan akhirnya mulai saling tertarik. Ia bahkan mengobati luka tusuk hasil perang di perut Yoo Si Jin.

Namun akhirnya hubungan mereka tidak berjalan baik. Pekerjaan Yoo Si Jin sebagai tentara mengharuskannya pergi kapan saja setiap ada perintah seperti ketika mereka sedang kencan, Yoo Si Jin meninggalkan Dr Kang bahkan sebelum mereka mulai nonton film. Dr Kang juga merasa pekerjaan mereka punya tujuan yang bertolak belakang. Saat Dr Kang mendedikasikan dirinya untuk mempertahankan hidup seseorang, pekerjaan Yoo Si Jin justru mengharuskannya tanpa segan-segan membunuh jika diperintahkan.

Mereka pun memutuskan untuk mengakhiri hubungan tsb dan tidak bertemu satu sama lain.

Yoo Si Jin dan tim alpha diliburkan dari tugas sebagai pasukan khusus dan bergabung sebagai tentara biasa dalam misi kemanusiaan di sebuah kota bernama Uruk selama 8 bulan. Disaat yang sama, Dr Kang dan tim medis rumah sakit juga dikirim ke Uruk sebagai relawan medis bagi proyek pembangkit listrik.   

Takdir mempertemukan mereka kembali di Uruk.

Yoo Si Jin dan Dr Kang mengalami banyak peristiwa menegangkan di Uruk.

Dimulai dari munculnya konflik dengan Arab. Pimpinan Liga Arab bernama Mubarat saat itu tengah melakukan kunjungan di sekitar Urk mendadak kritis dan dibawa ke Medicube, rumah sakit mini tempat Dr Kang bertugas. Menurut Dr Kang , Mubarat harus segera dioperasi jika ingin nyawanya selamat namun pihak pengawalan Arab tak mengijinkan dokter manapun mengoperasi Mubarat selain dokter Arab.

Yoo Si Jin akhirnya memerintakan angkat sejata kepada tim pengawalan Arab agar operasi bisa dilakukan. Operasi pada akhirnya berhasil dan kondisi kesehatan Mubarat bisa kembali normal namun Yoo Si Jin harus menerima hukuman akibat melalaikan tugas. Ia dicopot dari promosi jabatan yang akan didapatkannya dan harus kembali ke Korea.

Konflik dengan Tim Pengawal Arab


Tak lama gempa besar terjadi di Uruk. Pembangkit listrik yang tengah dibangun pun runtuh dan menyebabkan banyak pekerja menjadi korban. Tim medis dan tim tentara pun berubah tugas menjadi relawan bencana. Kapten Yoo Si Jin dan Suh Daeyeong yang dipulangkan ke korea pun ditugaskan kembali ke Uruk untuk membantu relawan yang ada disana. Mereka harus menyelamatkan korban bencana dan harus menyaksikan banyak kematian.

Menjadi Relawan saat bencana di Uruk





Tak berhenti sampai disitu, mereka pun harus berhadapan dengan gangster penjual senjata illegal bernama Argus. Ia adalah seorang mantan rekan tentara dari tim deltayang pernah bertugas bersama Yoo Si Jin. Argus tak hanya menjual senjata illegal namun juga menjual anak - anak urk untuk dijadikan budak dan pelacur. Ia juga menculik Dr Kang sebagai upaya untuk mengancam Yoo Si Jin agar memudahkannya untuk keluar dari Uruk. Dengan berat hati, Yoo Si Jin harus 'membereskan' mantan rekan kerjanya itu demi menyelamatkan Dr Kang.



Cerita Yoo Si Jin dan Dr Kang tetap diwarnai dengan bahaya bahkan setelah mereka kembali ke Korea. Yoo Si Jin kritis setelah diserang oleh pasukan militer Matagonian ketika menjalankan misi pengawalan. Dan dengan tangannya sendiri, Dr Kang harus menyelamatkan kekasihnya itu dari maut.

Meet the Soldier and The Doctor

Yoo Si Jin (a.k.a Big Boss) diperankan oleh Song Joongki

Yoo Si Jin bertugas sebagai kapten tim alpha pasukan khusus Korea Selatan. Meski dalam kesehariannya ia pribadi yang agak lawak dan santai namun ketika menjalankan tugas sebagai tentara ia mampu menunjukan dedikasi yang luar biasa. Diceritakan disini Yoo Si Jin punya kemampuan bertarung yang hebat dalam keadaan bersenjata ataupun tidak. Ia punya kemampuan pemimpin yang baik dan juga merupakan pemegang skor tertinggi di akademi militer. Prinsipnya , adalah selalu lindungi wanita, anak-anak dan orang tua.

Dalam drama ini, diceritakan Yoo Si Jin menaruh hati pada Dr Kang Mo Yeon sejak pertemuan pertama mereka di rumah sakit. Ia masih diam-diam merindukannya bahkan setelah memutuskan untuk berpisah. 

Nb : Karakter Yoo Si Jin ini bikin saya berharap yang muluk-muluk bahwa mungkin saja diluar sana ada tentara yang keren banget macam dia hahaha

Suh Daeyeong (a.k.a Wolf) diperanakan oleh Jin Goo

Suh Daeyeong menjabat sebagai sersan dalam tim alpha dan merupakan kawan baik kapten Yoo. Ia dulunya adalah bagian dari sebuah gangster, lalu berusaha melepaskan diri dan menjadi seorang tentara. Ia punya perawakan yang lebih tenang dan tegas dibanding kapten Yoo. 

Suh Daeyeong berpacaran dengan Yang Myeong Ju, dokter militer yang juga putri dari komandan pasukan khusus. Namun hubungan itu tak berjalan lancar karena tak direstui ayah Yang Myeong Ju yang lebih suka Kapten Yoo Si Jin menjadi menantunya.

Dr Kang Moyeon (a.k.a Beauty) diperankan oleh Song Hye Kyo

Seorang Pulmonologist dan ahli bedah yang cerdas namun tak punya kesempatan untuk menjadi professor karena kurangnya koneksi orang-orang besar. Ia punya dedikasi yang tinggi dalam pekerjaannya dan mau menyelamatkan orang dengan sepenuh hati. Ia juga tak takut menghadapi resiko dalam menyelamatkan orang sekalipun ditengah bencana. Dr Kang punya kemampuan diagnosa yang tepat dan mampu melakukan operasi dengan cepat dan akurat. Meski punya sifat sedikit keras kepala, namun dalam pergaulan ia punya banyak teman dan dihormati oleh rekan kerjanya. 

Dr Kang menjalin hubungan dengan Yoo Si Jin. Meski sempat dilanda berbagai keraguan, ia memutuskan untuk tetap berada di sisi Yoo Si Jin.

Yoon Myeongju diperankan oleh Kim Jiwon

Putri dari Komandan tentara ini merupakan seorang dokter bedah yang bergabung menjadi tentara Korea berpangkat Letnan. Ia seorang dokter yang cerdas dan tentara yang tegas. Yang Myeoung Ju sempat memiliki konflik dengan Dr Kang karena di masa lalu mereka berkencan dengan laki-laki yang sama.

Namun sekarang Yang Myeong Ju sangat menyukai Sersan Seo dan sempat berpacaran dengannya. Ia terus mengejarnya walaupun sersan seo terus menghindar karena ayahnya jelas tak merestui hubungan mereka.


Poin of Interest

Beberapa hal yang saya suka dari drama Descendants of The Sun.

Cerita

Jalan ceritanya cukup unik. Walau genrenya drama tapi cerita tidak fokus di masalah percintaan, ada konflik yang cukup menguras rasa sedih dan ada action yang cukup seru juga di drama ini. Kita bisa merasakan bagaimana kerja keras seorang relawan yang harus menahan emosi dan ketakutannya sendiri demi menyelamatkan orang banyak.

Karakter

Karakter yang dimainkan di serial ini jadi salah satu daya tarik buat saya. Figur tentara yang kuat dan dan tim dokter yang sabar bisa dimainkan dengan apik dan hidup. Biasanya kalau di serial bertema drama, ada beberapa adegan yang dilebih-lebihkan supaya lebih dramatis, misal aktornya sakit gara-gara luka kecil saja , disoroti rasa sakitnya berlebihan padahal dia tengah melakoni karakter yang seharusnya berfigur kuat . 

Tapi di descendants of the sun ini, para karakternya bisa menghidupkan peran dengan sesuai. Seperti misalnya Yoo Si Jin sebagai tentara yang kuat, ia digambarkan bisa tetap menjalankan tugas walau tengah terluka berat. 

Setting

Setting dan pendukung dramanya bagus dan tidak nanggung. Efek filmnya bagus dan profesionl. Adegan bencana bisa diciptakan dengan keren. Untuk adegan actionnya juga dihasilkan dengan apik. 

Sedikit sedih kalau harus membandingkan dengan drama seri lokal. Udah pasti kalah. :(

Soundtrack

Musik pendukungnya enak buat didengar dan bisa bantu menghidupkan suasana film. Musik didukung oleh berbagai penyayi terkenal seperti Duo Davichi, Lyn , Punch K.Will dsb.  Saya suka banget lagu everytime yang dinyanyikan oleh Chen Ft Punch dan lagu With You yang dinyanyikan Lyn (i'm one of Lyn fan btw). 



Favorite Scene

Scen favorit saya yang pertama datang dari episode 10. Saat itu ada sekumpulan  paket yang datang dari korea ke Uruk. Salah satunya ditujukan ke pada sersan suh daeyong. Dr kang memberitahunya lewat walkie talkie bahwa ada sebuah paket dari Shin Jae Young. Yoo Si Jin dan Suh Daeyong langsung berlari  terbirit - birit  dari barak begitu mengetahui hal tersebut.  



Sialnya Yoon Myeongju yang juga mendengar berita tersebut samapi duluan dan membongkar paket tersebut. Ternyata paket tersebut datang dari seorang pramugari yang pernah melakukan blind date bersama mereka berdua. Habis sudah kedua pria ini dimarahi oleh pacar-pacarnya haha. Somehow ekspresi kedua tentara ini lucu banget saat lari dan kepergok. 

Kepergok punya teman blind date
Scen favorite saya yang selanjutnya ada di episode 7 yang juga scene yang ikonik dari drama ini. Adegan saat Yoo Si Jin mengikat tali sepatu Dr Kang ditengah reruntuhan bangunan setelah gempa. Lalu setelahnya mereka menguatkan dan mendoakan satu sama lain. *heart melted*



Di Episode 7 ini juga saya suka adegan penutup saat Dr Kang menjahit luka di pundak Yoo Si Jin. Ada satu line favorit saya, yaitu saat Yoo Si Jin bilang :

" I really missed you. No matter what I did, I couldn’t stop thinking about you. I tried tiring myself out physically and mentally, but I still missed you so badly. "

Kapten kita yang satu ini memang mempesona ya (><)

Sampai artikel ini ditulis, Descendants of The Sun masih disiarkan di Korea hingga episode 14. Jumlah episode seluruhnya ada 16 episode utama yang dijadwalkan tayang 13-14 April 2016 dan 3 episode special yang tayang 22 April 2016. Serial drama ini memperoleh keberhasilan di korea dengan ratting yang mencapai 35.6%. Drama ini juga sudah diekspor ke berbagai negara seperti China, Jepang, Filipina, Singapore, Thailand dan Indonesia. Dari hasil baca di wikipedia, drama ini nantinya juga bakal ditayangkan di TV swasta Indonesia, mungkin setelah episodenya tamat dan proses dubbing selesai.

Can't wait to see next episode. Bener deh ga sabar.... (><) Recommended untuk ditonton.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama