Pecahkan Batasan Dengan Samsung Galaxy S7

Sudah lebih dari dua tahun, saya bertahan menggunakan smartphone yang sama. Di tengah perkembangan jenis smartphone yang pesat, saya memilih setia pada smartphone lama saya. Alasannya sederhana,

RATA - RATA SMARTPHONE TERLIHAT SAMA SAJA

Bagi saya, perkembangan smartphone sampai pada tingkat yang statis. Fitur yang ditawarkan relatif serupa, dan perbedaan mungkin sebatas kualitas material. Andil smartphone dalam mendukung aktifitas penggunanya pun rata-rata memiliki batasan yang sama.

Misanya dari segi kamera, rata - rata smartphone memang sudah dilengkapi kamera, bahkan beberapa produsen berani menawarkan resolusi besar dengan harga miring. Tapi menangkap momen dengan kamera smartphone tentu punya keterbatasan. Ada beberapa kondisi pemotretan yang tak dapat dijangkau kamera smartphone, sehingga kamera profesional tetap harus digunakan.

Contoh lain dari segi design. Smartphone dengan layar besar tentu akan idaman pengguna untuk memudahkan segala aktifitas dalam menggunakan smartphone. Kita bisa melakukan edit data, menonton film dan berbagai aktifitas lain dengan lebih nyaman jika smartphone memiliki layar yang cukup besar. Banyak vendor yang telah mengeluarkan seri smartphone layar besar. Tapi rata - rata dari mereka kurang memperhatikan kenyamanan bekerja dengan layar besar itu sendiri. Pengguna cenderung merasakan kesulitan menjangkau semua sisi layar dan akhirnya merasa terganggu.

Permasalahan-permasalahan yang muncul dibalik perkembangan teknologi rata-rata smartphone ini lah yang membuat saya sempat enggan mengganti smartphone saya. Toh, smartphone saya saat ini punya kekuatan dan kelemahan serupa dengan rata - rata smartphone lain.

Tapi kemudian... arah pikiran saya tentang smartphone berubah.


Sumber : Dok Pribadi, dibuat di bitstrips



Beberapa waktu lalu saya menyaksikan video SAMSUNG GALAXY GLOBAL UNPACKED 2016 pada link berikut.



Samsung Galaxy Global Unpacked merupakan acara peluncuran seri terbaru samsung galaxy yang diselenggarakan pada 21 Februari 2016 di Barcelona. Ada lima pembicara penting dalam acara ini, yaitu :

1. DJ Koh, President of Mobile Communication Bussiness Samsung.


Sumber : Link


 2. Justin Denison, Vice President dan Head of Mobile Products Samsung Electronics America.


Sumber : Link


3. Tim Sweeney, founder dari Epic Games.


Sumber : Link




4. Pranav Mistry, Global Vice President at Samsung Electronics.


Sumber : Link
5. Mark Zuckerberg , CEO Facbook


Sumber : Link

Dalam acara ini, kelima pembicara menjelaskan bahwa saat ini Samsung telah berhasil mengembangkan sebuah smartphone dengan teknologi mutakhir yang mampu membuat penggunanya melangkah ke level selanjutnya. Tak hanya berupa perbaikan dari produk pendahulunya , smartphone ini diklaim mampu melewati segala batasan yang biasa kita temukan dalam rata-rata smartphone. Produk smartphone tersebut adalah :



Dengan mengusung tagline RETHINK WHAT A PHONE CAN DO , Samsung mengajak kita kembali berpikir ulang, seberapa banyak hal yang bisa dilakukan oleh sebuah ponsel. Sejauh apa ponsel mampu membantu kita untuk berkembang dan mencapai level selanjutnya. 





Semua kehebatan yang mungkin dimiliki sebuah smartphone dapat ditemukan dalam Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Kedua ponsel ini memiliki spesifikasi yang luar biasa hebat sehingga diklaim mampu memberikan sensasi baru dan berbeda bagi penggunanya.



Nah berikut adalah beberapa poin yang dipaparkan dalam acara Samsung Galaxy Global Unpacked tentang bagaimana Samsung Galaxy S7 mampu membawa kita ke level selanjutnya.


BODI LENGKUNG SUPER ERGONOMIS

Semua orang suka dengan layar smartphone yang relatif besar. Untuk melakukan banyak hal seperti edit dokumen, berkirim pesan, menonton film atau bahkan bermain game, layar besar lebih nyaman bagi penglihatan kita. Tapi pada smartphone layar besar, seringkali dijumpai beberapa masalah yang seringkali mengurangi kenyamanan pengguna.

Ukuran yang relatif besar menyebabkan smartphone kurang nyaman digenggam. Pengguna mengalami kesulitan menjangkau seluruh layar smartphone karena harus mengkoordinaskan jari-jarinya yang lain untuk fokus menggenggam smartphone itu sendiri. Belum lagi saat kita hanya punya satu tangan yang kosong untuk menggenggam smartphone. Alhasil seringkali smartphone terjatuh dari tangan kita.

Samsung mencoba menghapuskan masalah tersebut pada Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge. Samsung mengerti, smartphone adalah barang yang saat ini selalu kita bawa di tangan kita hampir kesemua tujuan sehingga kenyamanan penggunaanya harus diutamakan. Pada kedua seri Samsung Galaxy S7 ini, tim Samsung bekerja keras membuat penyempurnaan design yang jauh lebih baik dari seri sebelumnya.

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge dibekali dengan bodi yang terbuat dari campuran metal dan 3D glass yang dikombinasikan dengan sangat apik pada seluruh bodi lewat proses 3D Thermoforming Kombinasi kedua material ini menghasilkan bodi yang terlihat elegan dan berkelas.


Bodi Metal Samsung Galaxy S7 , Sumber : Link


Tak hanya terlihat elegan, namun seri Samsung Galaxy S7 memiliki design ergonomis yang begitu nyaman digenggam meskipun dengan ukuran layar yang besar yaitu 5,1 Inchi untuk Samsung Galaxy S7 dan 5,5 Inchi untuk Samsung Galaxy S7 Edge. Design Ergonomis ini didapat dari bentuk bodi lengkung pada bagian depan dan belakang Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge juga bezel yang lebih ramping.

Bodi Lengkung Samsung Galaxy S7 , Sumber : Link
Bagian bodi kamera juga terasa lebih datar dibanding seri sebelumnya. Kini bodi kamera hampir sejajar dengan bodi ponsel. Sehingga ganjalan dirasa jauh lebih berkurang.

Bodi Kamera Samsung Galaxy S7 , Sumber : Link
PANEL SISI NAN PRAKTIS

Seri Samsung Galaxy S7 juga dirancang untuk memudahkan pengguna yang bahkan hanya memiliki sebuah tangan kosong untuk mengakses ponsel mereka, lewat pembaruan dari panel sisi (edge panel) pada Samsung Galaxy S7 Edge. Panel sisi kini diperluas dari 260 pixels menjadi  550 pixels dengan akses konten yang kian lengkap.


Panel Sisi Samsung Galaxy S7 , Sumber : Link
Cukup geserkan jari dari tepi ponsel, akses cepat ke berbagai menu dan aplikasi bisa langsung didapatkan. Mulai dari aplikasi dasar, Quick tools seperti ruler dan compass serta jalur pintas ke percakapan dengan orang yang paling sering dihubungi.

Misalkan seperti saya yang sering menghubungi rekan kerja saya, saya bisa meletakan kontak serta jalur pintas percakapan kami di panel sisi ini. Saat saya butuh menghubungi dia dengan cepat, cukup geserkan tepi ponsel dan klik, langsung terhubung.

Semua jalur pintas bisa diatur sesuka pengguna berdasarkan prioritas yang dikehendaki lewat settings. Mulai dari letak aplikasi dalam satu halaman hingga jumlah halaman yang dibutuhkan.

Menu Panel Sisi Smasung Galaxy S7 Edge , Sumber : Link 



VARIASI WARNA NAN ELEGAN

Seri Samsung Galaxy S7 hadir dalam empat varian warna yang elegan dan mewah. Black Onyx , Gold Platinum, Silver Titanium dan White Pearl.

Pilihan Warna Samsung Galaxy S7 , Sumber : Dok Pribadi

LAYAR JERNIH DARI TEKNOLOGI SUPER AMOLED

Samsung kembali mengahadirkan teknologi Quah HD Super AMOLED untuk menghasilkan layar ponsel Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yang super jernih. Quad HD Super AMOLED mampu menghasilkan warna yang tepat dan ketajaman yang mengagumkan.

Layar Jernih Samsung Galaxy S7 - S7 Edge , Sumber : Link


Pada berbagai test, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge menunjukan hasil sangat baik seperti, kontrol white point, gamma, dan saturation sweep dan brightness.  Kerapatan layar yang mencapai mencapai 577 pixels per inch dan resolusi 2560x1440 pixel menjadikan kedua ponsel ini memberikan kualitas layar yang sangat tajam, mampu menampilkan gambar resolusi tinggi dalam detail yang luar biasa, memberikan berbagai warna indah dan tentunya akan memberikan sebuah rasa kepuasan bagi para penggunanya.

ALWAYS ON DISPLAY

Dalam acara Samsung Galaxy Global Unpacked dijelaskan oleh Justin Denison bahwa pengguna ponsel setidaknya mengakses ponsel mereka 150 kali dalam satu hari. Pengguna mengakses ponsel mereka setidaknya untuk melihat adakah pesan baru , notifikasi baru atau bahkan hanya sekedar melihat jam dan tanggal. Untuk melakukannya setidaknya pengguna harus menekan tombol power lalu membuka kunci atau passcode.  Itu berarti dalam 1 hari harus setidaknya 150 kali kita mengulang aktifitas tersebut. Padahal setelah dibuka belum tentu ada notifikasi baru yang masuk.

Repot ya?

Tidak lagi jika menggunakan seri Samsung Galaxy S7. 

Samsung mengenalkan fitur baru Always On Display.


Fitur Always On Display Samsung Galaxy S7, Sumber : Link
Fitur ini memungkinkan munculnya informasi seperti jam, tanggal, kapasitas baterai dan notifikasi baru pada layar ponsel walaupun layar ponsel dalam keadaan mati dan terkunci. Pengguna tidak perlu repot untuk menekan tombol power atau memasukan passcode hanya untuk mengakses informasi terbaru pada ponsel. Ketika layar dimatikan dan terkunci, informasi akan otomatis muncul pada layar. 

Didukung kemampuan penyimpanan energi dari layar Super AMOLED , fitur ini tidak akan menghabiskan daya baterai dengan drastis, hanya 0,8 % per jam.  Tampilannya juga sangat menarik, pengguna bisa mengatur bentuk jam, kalendar juga latar belakang dalam beberapa opsi yang disediakan. Jadi kita tetap dapat mengontrol ponsel dengan mudah dan nayaman tanpa menghabiskan banyak daya.

DESIGN CAPLESS UNDERWATER 


Salah satu batasan terbesar sebuah ponsel adalah air. Ponsel selalu bersama kita hampir ke semua tempat kecuali tempat-tempat dengan kuantitas air yang tinggi. Hingga saat ini, air masih menjadi musuh besar barang elektronik. Padahal ada saat tertentu pengguna smartphone sulit menghindarkan ponselnya dari air. Misalnya saja saya yang tinggal di Bogor, kota dengan curah hujan yang tinggi. Hujan bisa datang kapanpun saat beraktifitas dan akhirnya smartphone saya sulit terlindungi dari air.

Untuk mengatasi hal tersebut, Samsung kembali menciptakan design tahan air pada Seri Samsung Galaxy S7.

Samsung Galaxy S7 Tahan Air , Sumber : Link 

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge dibekali sistem anti air dan anti debu tersertifikasi IP68 dari The International Electrotechnical Commission . Yang artinya, ponsel ini akan tetap berfungsi dengan baik didalam air selama lebih dari 30 menit pada kedalaman 1,5 meter.

Penutup pelindung air yang sebelumnya terdapat pada port USB Galaxy S5 pun kini tak lagi ada. It's totally capless. Samsung Galaxy S7 sudah memiliki sistem ketahanan air yang lebih mumpuni sehingga tak perlu khawatir jika air membasahi port USB. Ponsel tetap terlihat keren dengan design capless dan tangguh melawan air.


Design Capless Tapi Tahan Air , Sumber : Link


Tak cuma bebas dari rasa takut akan ponsel yang rusak karena basah, pengguna juga bisa melakukan banyak hal dengan ponsel pada kondisi basah sekalipun.

Mengabadikan momen dalam air dengan smartphone, kini bukan lagi hal yang tidak mungkin.


Pengambilan Foto Dalam Air dengan Samsung Galaxy S7, Sumber :  Link 

Hasil Foto dalam air dengan Samsung Galaxy S7, Sumber : Link






Performa smartphone adalah salah satu hal krusial dalam sebuah ponsel. Pengguna smartphone pasti menggunakan ponsel mereka untuk melakukan banyak hal. Mulai dari komunikasi, bermain game. mengedit dokumen dan berbagai aktifitas lain. Jika smartphone memiliki performa yang rendah, yang terjadi adalah ponsel sering mengalami lag, panas, mati tiba-tiba hingga kerusakan yang parah. Akibatnya tak hanya smartphone yang cepat rusak, aktifitas yang seharusnya dapat cepat diselesaikan malah menjadi terbengkalai.

Tapi, jika kita menggunakan seri Samsung Galaxy S7, masalah tersebut tentu tidak akan terjadi. Seperti yang dijelaskan pada acara Samsung Galaxy Global Unpacked, Samsung Galaxy S7 telah didukung berbagai perangkat super canggih dan mutakhir untuk mengatasi performa lambat.

PROSESOR SUPER CANGGIH DAN CEPAT

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge menggunakan SoC (System on Chip) Exynos 8890.

Exynos 8 Octa, Sumber : Link
Exynos 8890 dikenal sebagai chipset mutakhir yang mampu menanggalkan chipset lain dalam adu benchmark. Didalam chipset ini terdapat  octa-core 64 bit unit proses sentral. Terdapat empat inti Cortex A53 yang dapat bekerja hingga 1.58 GHz dan empat inti  Exynos M1 yang mencapai 2,6 GHz. Kedua sistem inti prosesor ini dapat bekerja bergantian satu sama lain berdasarkan intensitas tugas yang ada pada ponsel. Saat dibutuhkan kerja yang lebih, prosesor Exynos M1 akan aktif sedangkan jika kerja tidak terlalu berat, prosesor A53 akan bergantian aktif. Jadi pengguna tidak perlu takut lag untuk menjalankan aplikasi atau game yang cenderung ‘berat’. Sistem ini di klaim lebih powerfull hingga 30,4% dari pendahulunya.

Untuk urusan graphic, didalam Exynoss 8890 juga dibenamkan GPU (Graphic Processing Unit) Mali T880MP12. Mali GPU tak hanya punya kemampuan menghasilkan graphic layar dengan kecepatan 772 MHz yang menakjubkan tapi juga telah memiliki berbagai teknik power saving. Sistem ini di klaim lebih powerfull hingga 63.9% dari pendahulunya.

Jadi pengguna ponsel yang melakukan banyak aktifitas dengan ponsel dalam satu waktu tak perlu takut terjadi hambatan dan lag. Misalnya saya, saya bisa mendownload berbagai macam data bersamaan dengan memutar musik , mengabadikan momen dengan kamera tanpa takut ponsel menjadi lag. 

SISTEM PENDINGIN TERBARU

Untuk mendukung kinerja ponsel agar semakin baik, Samsung membenamkan teknologi pendingin baru dalam ponsel. 

Sistem Pendingin Samsung Galaxy S7, Sumber : Link


Teknologi pendingin ini adalah teknologi yang sama dengan yang digunakan oleh roket dan satelit. Di dalam ponsel terdapat cairan yang akan menurunkan suhu panas dalam ponsel. Menurut Justin Denison pada acara Samsung Galaxy Global Unpacked, cairan ini akan menguap pada saat suhu tinggi dan kembali terkondensasi saat suhu rendah. Panas akan terdistribusikan dengan baik dan suhu akan turun lebih rendah. Kejadian ponsel yang terlalu panas akibat aktifitas ponsel yang padat  tidak akan terulang lagi kalau menggunakan Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge.

EKSPANSI MEMORI

Ponsel dengan prosesor cepat dan grafis yang bagus akan sia-sia kalau ternyata data dan aplikasi yang bisa kita tampung hanya sedikit. Memori yang jumlahnya kecil juga akan berpengaruh pda kinerja ponsel. Ketika memori tersisa hanya sedikit, ponsel cenderung memiliki kinerja yang menurun dan akhirnya mengganggu pengguna dengan lag dan sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, seri Samsung Galaxy S7 difasilitasi dengan kapasitas memori yang besar. Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge memiliki kapasitas RAM 4 GB untuk mendukung kinerja ponsel yang lebih baik. Ponsel ini juga didukung oleh memori internal hingga 64 GB. Tak berhenti samapi disitu, ponsel terbaru Samsung ini mendukung pemakaian memori eksternal hingga total memori 200 GB.


Kini saya dan pengguna lainnya bisa dengan leluasa menyimpan banyak gambar, musik, games dan file lain langsung ke smartphone.

BATERAI TAHAN LAMA

Untuk mendukung pemakaian ponsel yang tahan lama dan lebih baik, Samsung memperbarui kapasitas baterai menjadi lebih besar untuk kedua seri. 

Kapasitas baterai ditingkatkan menjadi 3000 mAH untuk Samsung Galaxy S7 dan 3600 mAH untuk Samsung Galaxy S7 Edge. Meski kapasitas baterai membesar, dimensi baterai tetap kecil dan kompak dengan design bodi Samsung Galaxy S7 yang super ramping dan ringan.

Kekuatan Baterai Seri Samsung Galaxy S7 , Sumber : Dok Pribadi


Seberapa besar ketahanan baterai ini?

Menurut Justin Denison dalam acara Samsung Galaxy Global Unpacked, dalam satu kali pengecasan baterai, cukup untuk menonton satu season dari Game of Thrones dalam kecerahan layar maksimal. Yang berarti lebih dari 17 jam, wow ! ketahanan yang luar biasa ya.

Seri Samsung Galaxy S7 juga didukung kemampuan fast charging . Dengan bantuan Fast Charge Wireless Charging Pad pengisian 50% baterai hanya memakan waktu 30 menit, super cepat tanpa perlu repot dengan kabel.

Kini pengguna tak perlu lagi ketakutan baterai akan cepat habis. Kita bisa melakukan banyak aktifitas dengan ponsel dengan lebih nyaman.




Kamera adalah salah satu bagian yang ada di semua smartphone. Dengan kamera, kita bisa mengabadikan momen lebih mudah dan praktis karena tak perlu membawa kamera profesional yang dimensi nya lebih besar dan berat.


Tapi biasanya ada batasan tertentu yang tak dimiliki kamera smartphone yaitu, kemampuan mengambil gambar di kondisi minim cahaya dan kondisi objek yang cepat pergerakannya. Sehingga pengguna akhirnya harus kembali menggunakan kamera profesional untuk momen tersebut.

Sumber Dok Pribadi
Samsung menjawab tantangan tersebut lewat kehadiran seri Samsung Galaxy S7.

Kamera Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge dibekali dengan resolusi 12 Megapixels pada kamera utama dan 5 Megapixels pada kamera depan. Kedua kamera dilengkapi Apertura F/1.7 dan menggunakan dual lensa.

Apa kelebihannya?

Nilai apertura  f/1.7 memungkinkan hasil foto yang baik walaupun kondisi pemotretan minim cahaya. Misalnya pada malam hari atau ruangan tertutup. Nilai apertura ini juga ada pada kamera depan lho, jadi kualitas potret tersebut bisa kita dapatkan pula di kamera depan.

Dual Lensa juga dibenamkan dalam Kamera Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Kegunaan utamanya mencakup dua hal.

Pertama, mempercepat pendeteksian fokus otomatis gambar sehingga hasil foto tetap bagus walaupun dalam keadaan tergesa-gesa.

Kedua, kamera dapat membidik gambar ke lebih dari satu fokus sekaligus. Jika diibaratkan mata, dual pixel memungkinkan mata kiri dan kanan manusia melihat dua hal berbeda dengan fokus yang sama.


Yuk lihat hasil test autofokus Samsung Galaxy S7 lewat video berikut :


Sumber : Link


Super cepat bukan?

Kamera Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur , seperti:

Motion Panorama , Fitur ini memungkinkan pengguna dapat menangkap foto panorama bergerak, sehingga foto panorama yang dihasilkan lebih dinamis dan lebih hidup.

Motion Panorama Samsung Galaxy S7, Sumber : Link

Hyperlapse , adalah fitur yang memperbolehkan pengguna untuk membuat video unik dengan cara menggerakkan kamera perangkat. Langkah ini memungkinkan kamera mengambil foto dan merangkainya jadi satu dalam bentuk video. Bagian paling penting pada video hyperlapse adalah hasil yang tidak blur alias shake free karena adanya teknologi vDIS: Video Digital Image Stabilization.

Quick Launch, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses atau membuka kamera dengan cepat. Pengguna cukup menekan tombol home dua kali maka dalam hitungan kurang dari satu detik kamera sudah siap untuk digunakan

Smart Optical Image Stabilization (OIS), berfungsi untuk mengambil gambar maupun video secara halus dan bebas blur pada cahaya yang rendah.

Auto Real-time HDR merupakan sebuah fitur yang secara otomatis mengaktifkan HDR, HDR sendiri berfungsi untuk mengoptimalkan cahaya dalam berbagai kondisi.


Hasil foto dari seri Samsung Galaxy S7 pun begitu mengagumkan :

Seperti pada gambar berikut, objek yang bergerak cepat tak membuat hasil foto menjadi buram karena kemampuan autofocus Samsung Galaxy S7.

Fokus kamera yang cepat Samsung Galaxy S7, Sumber : Link

Foto tetap terlihat tajam walaupun kondisi pemotretan minim cahaya.

Kemampuan Foto Dalam Kondisi Minim Cahaya Samsung Galaxy S7, Sumber : Link 
Kualitas terbaik bisa kita temukan baik di kamera utama maupun kamera depan.

Kualitas Hasil Foto  Kamera Depan Saat Minim Cahaya, Sumber : Link

Kualitas Hasil Foto  Kamera Depan, Sumber : Link
Kualitas fokus makro Samsung Galaxy S7 juga sangat baik.


Secara keseluruhan seri Samsung Galaxy S7 mampu menghasilkan kualitas foto yang luar biasa apik.

Hasil Foto Yang Tajam Dari Samsung Galaxy S7, Sumber : Link 
Hasil Foto Yang Tajam Dari Samsung Galaxy S7, Sumber : Link

Dengan Kamera Terbaik dari seri Samsung Galaxy S7, saya bisa mengabadikan momen dengan kualitas terbaik dengan mudah tanpa ada lagi batasan.



Selain membahas spesifikasi menakjubkan dari Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, acara Samsung Galaxy Global Unpacked juga membahas berbagai fitur menarik yang bisa dirasakan pengguna dengan kedua ponsel ini. Samsung telah bekerja sama dengan banyak vendor ternama untuk menghasilkan teknologi mutakhir yang mampu membawa penggunanya ke level selanjutnya.

GAME LAUNCHER

Seri Samsung Galaxy S7 telah didukung sistem yang sangat bagus untuk performa ponsel yang prima. Untuk para penggila game, tentu kondisi ini yang mereka butuhkan untuk dapat bermain game dengan lancar.

Untuk memenuhi kebutuhan para penggila games, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge dibekali dengan Game Launcher.

Games Starwars Pada Games Launcher, Sumber : Link


Game Launcher merupakan folder khusus yang sudah berisi berbagai game bawaan pada Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge. Antara lain Candy Crush Jelly, Hearthstone, Star Wars - Galaxy of Heroes, dan Champions.

Game- game tersebut sudah didukung pemrograman dari Vulkan Api, yang merupakan hasil kerjasama antara Samsung, Google dan Kronos. Game-game hasil pemrograman Vulkan Api dikatakan lebih efisien dari segi penggunaan prosesor. Pasalnya, Vulkan Api memiliki pengaturan GPU dan CPU yang lebih mumpuni ketimbang pemrograman lain. Dengan teknologi ini diklaim memiliki kemampuan membuka aplikasi atau permainan (games) dengan performa grafis meningkat 63,9% dibandingkan seri sebelumnya namun mengkonsumsi daya yang lebih rendah.

Game Launcher juga didukung game tools  yaitu lima fitur bantu game "No alerts during game", "Lock Recents and Back keys", "Minimize game", "Screenshot", dan "Record".

Game Tools Samsung Galaxy S7, Sumber : Link


Melalui pengaktifan "no alerts during game", pengguna bisa menonaktifkan semua notifikasi aplikasi lain saat bermain game. Dengan begitu, tak ada lagi yang bisa mengganggu konsentrasi.

Pengguna juga bisa menunda game -bukan menutup permainan- saat benar-benar harus beralih ke aplikasi lain. Dengan memilih "minimize game", permainan tertunda akan berubah jadi sebuah ikon di layar ponsel. Ikon tersebut akan terus ada di layar, sekalipun pengguna membuka beberapa aplikasi secara bergantian. Kapanpun ikon itu ditekan, pengguna akan kembali ke permainan terakhir.

Adapula "record" dan screenshot untuk mengabadikan momen bermain game.

Fitur yang luar biasa bukan? Rasanya tidak berlebihan kalau saya bilang seri Samsung Galaxy S7 adalah smartphone gaming terbaik.


Samsung Gear VR dan Samsung Gear 360 - Dunia Virtual Reality menjadi lebih nyata.

Pernah berangan - angan menjelajah dunia game? Atau Menikmati Pemandangan Raja Ampat dari Kamar? Sekarang bukan cuma angan - angan kalau kamu pakai Samsung Gear VR dan Samsung Gear 360.

Samsung Gear 360 adalah kamera beresolusi tinggi yang mampu berputar hingga 360 derajat mengikuti arah objek. Kamera tersebut mampu membidik dan merekam konten visual 360 derajat atau multi-angle.

Samsung Gear 360 , Sumber : Link

Samsung Gear 360 berwarna putih, sisi depan dan belakang kamera dibenamkan lensa fish-eye dengan apertura f/2.0 dan sensor dengan resolusi masing-masing 15 megapiksel. Sehingga mampu menghasilkan rekaman gambar yang tajam dan jernih.

Ketika menyaksikan sebuah video yang direkam dengan gear 360 ataupun aplikasi game yang diprogram dengan sistem basis 360 derajat pengguna bakal merasa benar-benar hadir di suatu tempat atau kejadian dan mampu menjelajah ke seluruh sisinya tanpa melewatkan sisi yang lain. Karena Samsung Gear 360 mampu melakukan rekaman bersamaan dengan kamera yang terdapat di berbagai sisi.

Supaya lebih nyata lagi, berbagai video atau game tersebut bisa kita lihat melaui Samsung Gear VR.



Samsung Gear VR adalah Alat Virtual Reality Display yang memungkinkan pengguna menyaksikan video atau game secara 360 derajat dari smartphone pengguna. Seolah-olah pengguna tengah berada di dalam game atau video tersebut.

Samsung Gear VR merupakan hasil kerjasama antara Samsung yang menangani hardware dan Duo Facebook dan Oculus dalam hal Software.

Pada dasarnya Samsung Gear VR adalah perangkat headset dilengkapi prosessor yang memanfaatkan accelerometer dari ponsel untuk menampilkan video atau games yang menggunakan kamera 360. 

Gear ini dilengkapi headband untuk pemakaian di kepala, pengatur fokus untuk mata, touchpad untuk navigasi , tombol back dan pengatur volume suara.

Ketika pengguna menggerakan kepala ke kanan Samsung Gear VR akan menampilkan rekaman video sudut kanan, begitu juga sisi lain baik kiri, atas dan bawah.

Layar Samsung Gear VR didukung teknologi OLED ( Organic-Light Emitting Dioda) dan Dynamic View. Hasil gambar akan jernih, pergerakan halus dan tajam.

Sehingga pengguna bisa merasakan sensasi yang begitu nyata dari apa yang mereka saksikan, seolah-olah mereka sedang berada di tempat itu.

Jangan sampai ketinggalan untuk coba Samsung Gear VR. Menurut Mark Zuckerberg, CEO Facebook dalam acara Samsung Galaxy Global Unpacked, sudah banyak sekali orang yang mencoba Samsung Gear VR ini, bahkan sudah memecahkan durasi 1 juta jam pemutaran video.

Teknologi masa depan dari Samsung yang luar biasa keren, bukan?


SAMSUNG PAY DAN SAMSUNG KNOX

Samsung Pay memungkinkan pengguna seri Samsung Galaxy S7 dan smartphone Samsung tipe tertentu bisa menggunakan ponselnya untuk membayar barang belanjaan. Caranya cukup dengan menyentuhkan perangkat di terminal kasir yang mendukung fitur pembayaran mobile dari Samsung tersebut.

Samsung Pay. Sumber : Link


Dalam melakukan transaksi, Samsung Pay menggunakan teknologi NFC (Near-Field Communication) dan MST (Magnetic Secure Transmission). Teknologi NFC digunakan sebagai perantara utama untuk pembayaran di terminal POS (Point-of-Sales) kasir.

Sementara itu, dengan teknologi MST, toko yang belum mendukung NFC bisa tetap melayani transaksi pembayaran pelanggan via Samsung Pay layaknya memakai kartu debit atau kartu kredit biasa. MST dapat menyimulasikan “gesekan” pita magnetik di kedua jenis kartu pembayaran konvensional tersebut. Untuk keamanan, pengguna harus melakukan verifikasi melalui pemindai sidik jari atau pin yang terdapat di muka perangkat Samsung yang mendukung layanan mobile payment ini.

Samsung Pay juga diklaim aman karena setiap transaksinya dienkripsi dengan sistem keamanan Samsung KNOX.

Samsung Knox , Sumber : Link 

Samsung mampu menghadirkan smartphone yang diakui dengan fitur keamanan penuh untuk penggunaan di kalangan korporat, bisnis, pemerintahan ataupun pihak militer lewat hadirnya Samsung Knox di varian Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge ini . 

Samsung KNOX menggabungkan Enhanced Security (SE) Android dan pengaturan akses integritas yang diimplementasikan dalam hardware dan kerangka Android. Dengan memisahkan penggunaan bisnis dan pribadi dari perangkat mobile pada umumnya, Samsung KNOX menawarkan perlindungan data bisnis dan aplikasi dari kebocoran data, virus dan serangan malware. Sehingga data dan segala aktifitas ponsel termsuk penggunaan Samsung Pay pengguna akan terlindungi dengan aman.


AFTER ALL...

Setelah menonton sampai tuntas video Samsung Galaxy Global Unpacked, saya jadi yakin bahwa seri Samsung Galaxy S7 merupakan ponsel unggulan yang sudah terbukti mampu menjawab tantangan dan melewati segala batasan. 

Di 27 Maret 2016 ini Samsung Galaxy S7, siap membawa pengguna ponsel Indonesia ke level selanjutnya.  Jangan lupa kunjungi situs resmi Samsung Galaxy S7 yang super keren di Link Berikut : Samsung Galaxy S7 untuk membaca spesifikasi lengkap , pre order ponsel Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge beserta aksesorisnya.

Akhir kata semog tulisan ini bermanfaat dan bisa jadi sedikit review untuk kamu tentang ponsel Samsung Galaxy S7. 

SAMSUNG GALAXY S7 , RETHINK WHAT A PHONE CAN DO




Sumber Penulisan :

Link 1
Link 2
Link 3
Link 4
Link 5
Link 6

Sumber gambar tercantum pada caption gambar dan hak cipta seluruhnya milik kreator gambar.

13 Komentar

  1. Thank you info nyaaa, lengkap banget semua nya dikupas tuntas :))

    BalasHapus
  2. Wow, lengkap banget ulasannya, perlu dibaca nih yang mau beli samsung galaxy buat pertimbangan

    BalasHapus
  3. Menarik untuk dicoba nih galaxy s7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik banget... Terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  4. Ayo dicoba... Hehe terima kasih sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  5. Gila-gilaan banget ya samsung ini -_- S7 ._. pengeeen :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin ngiler yaa haha

      Terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  6. pecah deh batasan karena samsung ya, mbak ..:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pecaah yaa haha.. Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  7. Smoga menang, tulisannya keren plus lengkap banget :)

    BalasHapus
  8. Aamiin... Terima kasih sudah berkunjung :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama